Search
  • greenwindowdoor

9 Tips Memilih Desain Jendela Rumah Idaman Anda


Memilih desain jendela merupakan hal penting saat membangun ataupun merenovasi rumah, Karena Jendela juga akan mempengaruhi arsitektur dan estetika ke indahan rumah anda. Namun saat membangun rumah kita sangat sering menemukan owner terlalu fokus pada interior rumah, tanpa memperhatikan aspek design jendela. Sehingga saat rumah selesai, kesan rumah yang di harapkan tidak tervisualisasi dengan bagus.


Ada banyak jenis jendela yang bisa dipilih baik dari segi model hingga fungsinya. Berikut ini GreenAlu akan memberikan 11 tips cara memilih desain jendela agar terlihat lebih bagus dan cocok dengan furniture yang ada didalam rumah Anda.


  1. Pastikan Design Jendela Sesuai Gaya Arsitektur Rumah Tiap rumah mimiliki gaya arsitekturalnya tersendiri, semua tergantung keinginan pemiliknya. Karena jendela merupakan salah satu bagian yang selalu ada di rumah, maka tentunya wajib mengikuti konsep design arsitektural rumah. Untuk itu dalam memilih jendela anda harus tau dahulu apa nama atau gaya aristektural rumah anda, kemudian cari jendela dengan gaya yang sama. Jika arsitektural rumah anda bergaya modern dan kontemporer mungkin anda bisa memilih jendela kaca yang lebih tinggi. Namun jika arsitektural rumah anda bergaya tradisional, cobalah jendela dengan tiang jendela berbentuk berlian atau pola-pola klasik.

  2. Menentukan Fungsi dari Jendela yang anda inginkan Fungsi utama jendala memang sebagai circulasi cahaya dan udara agar bisa masuk dan keluar rumah.Tapi, jendela pun bisa difungsikan untuk hal lain seperti sebagai pintu jika mengunakan jendela geser besar. Jika ingin ruang yang kedap suara, maka gunakan jendela kedap suara.

  3. Perhatikan Bingkai dan Tiang Jendela Bingkai dan tiang jendela juga perlu di perhatikan untuk mempercantik hasil jadi jendela Tentukan bahan bingkai jendela seperti besi, kayu atauapun aluminium yang sedang naik daun. Selain dari sisi design, pastikan anda juga memperhatikan dari sisi tingkat presisi hasil akhir bingkai atau tiang dengan jendela anda nantinya.

  4. Susuikan Jendela dengan Jumlah dan ukuran Ventilasi yang Dibutuhkan Biasanya jumlah dan ukuran ventilasi udara sudah di perenakan saat bangunan akan dibuat. Tiap ukuran ventilasitentunya memiliki kekutuhan jenis jendela yang berbeda pula. Jendela yang telah sesuai dengan ukuran dan jumlah ventilasi, akan membuat jendelah lebih tahan lama dan tentunya udara yang masuk lebih lancar.

  5. Pastikan Jendela Dapat Memperindah Sisi Interior Rumah Anda Penyesuaian jendela dengan arsitektur rumah memang penting, namun perlu di ingat jendela juga harus mampu menyesuaikan dengan kondisi interior dan letak ruangan rumah Contohnya saja jika jendela berada di dapur tentunya pilih lah jendela yang bisa mengalirkan udara lebih cepat atau misalkan jendela kamar mandi, maka pastikan jendela tidak transparan sehingga, tidak terlihat orang dari luar.

  6. Pilih Jendela yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Keinginan Anda Seperti yang model-model yang tersedia di Greenalu, ada banyak jendela yang dapat di pilih. Anda bisa memilih jendelah model Casement Window, Sash Hung, Window Wall hingga sliding window. Semua dapat di pilih sesuai dengan keinginan dan kenyamanan anda.

  7. Ciptakan Titik Fokus Interior ke Jendela Rumah Anda Anda dapat memanfaatkan jendela sebagai titik fokus utama interior rumah. Anda bisa mencoba menggunakan jendela yang memiliki detail glamor yang di balut dengan tirai megah. Atau anda bisa menggunakan jendela berukuran besar dengan bingkai yang tegas. Ini perpaduan yang cocok agar semua orang akan menjadikan jendela sebagai sudut pertama yang terlihat dalam interior rumah anda..

  8. Lihat Arah Matahari Sebelum Membuat Jendela Anda bisa konsultasi dengan arsitek atau kontraktor rumah anda untuk menyesuikan kondisi jendela dengan arah matahari. Hal ini akan mempengaruhi tingkat pencahayaan dan suhu ruangan rumah anda. Jangan sampai rumah terlalu panas ataupun dingin dan terlalu silau ataupun tidak dapat memaksimalkan cahaya matahari yang ada.

  9. Memasang Jendela adalah Proyek Renovasi Yang Perlu Perhitungan Jika anda sedang merenovasi rumah pastikan bagian jendela tidak di pandang sebelah mata. Jendela biasanya berada di di tengah dinding bangungan, sehingga untuk merubahnya kembali butuh perhitungan yang matang hingga ke struktur bangunanmemiliki spesialisasi membangun jendela dan pintu premium berstandar internasional. Semua jendela yang di hasilkan memiliki finishing yang baik, sliding yang lembut dan tentunya daya tahan yang sangat baik.



2 views0 comments