Search
  • greenwindowdoor

Ribuan Kuman dan Virus Hinggap di Gagang Pintu, Bagaimana Cara Menghindarinya?


Pernahkah Anda berpikir bahwa gagang pintu adalah benda paling kotor daripada toilet umum? Setiap kali kita membuka dan menutup pintu, kuman, bakteri, atau bahkan virus dari tangan akan berpindah ke gagang pintu tersebut. Terutama pada pintu di tempat publik, seperti kafe, minimarket, rumah sakit, perpustakaan, kantor, atau sekolah. Gagang pintu di tempat publik bisa menyimpan jutaan kuman atau virus di permukaannya.


Pada situasi pandemi Covid-19 yang sedang kita hadapi sekarang, kita dituntut untuk menjaga kebersihan diri, termasuk kebersihan telapak tangan karena kita secara tidak sadar seringkali menyentuh area wajah menggunakan telapak tangan atau jari kita. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menghindari bersentuhan langsung dengan sumber kuman dan virus, termasuk ketika berada di tempat umum agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Lalu, bagaimana cara untuk tidak bersentuhan langsung dengan gagang pintu yang akan kita buka? GreenAlu punya beberapa tips untuk Anda.



1. Membuka Pintu yang Terbuka ke Luar

Sebelum membukanya, perhatikan terlebih dahulu ke mana arah bukaan pintu tersebut. Jika pintu terbuka ke arah luar ruangan, ada beberapa cara agar Anda bisa mencegah berpindahnya kuman dan virus dari gagang pintu ke tangan Anda. Pertama, gunakanlah siku untuk menekan tuas handle.


Jika pintu tidak memiliki tuas, langsung tarik saja gagangnya menggunakan lengan atau pergelangan tangan Anda. Jika pintu memang harus dioperasikan dengan tangan, Anda dapat menggunakan tisu agar telapak tangan Anda tidak bersentuhan langsung dengan gagang pintu tersebut.



2. Membuka Pintu yang Terbuka ke Dalam

Jika pintu yang akan Anda buka mengarah ke dalam ruangan, cara membukanya tanpa menyentuh gagang adalah dengan menggunakan siku. Tekan gagang atau tuas pintu dan dorong daun pintu dengan menggunakan bahu. Selain itu, Anda juga dapat mendorongnya dengan menggunakan pinggul. Mudah, bukan?



3. Membuka Pintu Lift

Sama seperti gagang pintu, tombol-tombol pada pintu lift juga menyimpan ribuan kuman dan virus yang berpindah dari jari-jari yang menekannya. Jadi, kita juga harus menghindar untuk menyentuh tombol lift. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan ujung siku. Memang terlihat aneh, tetapi hal ini akan melindungi Anda dari penularan kuman dan virus.



4. Tetaplah Menjaga Kebersihan Tangan

Meskipun kita sudah merasa aman karena telah berusaha tidak menyentuh gagang pintu secara langsung, kita tetap harus menjada kebersihan diri. Kuman, bakteri, maupun virus bisa hinggap di permukaan benda apa pun yang kadang kita sentuh secara tidak sadar. Jadi, cuci tangan Anda sesegera mungkin begitu Anda sampai di rumah menggunakan sabun minimal selama 20 detik. Dengan begitu, kesehatan Anda dan keluarga jadi semakin terlindungi.

Recent Posts

See All